labkom0109@gmail.com  |  +6281325125100
Follow us :-

Sejarah Sekolah

LATAR BELAKANG BERDIRINYA SMA NU AL MA’RUF

Untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dengan mewujudkan Kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tercantum dalam UUD 1945, maka pemerintah daerah Tk.II Kabupaten Kudus pada tahun 1964/1965, membuat kebijakan di bidang pendidikan antara lain, mewujudkan sedikitnya satu SD dan satu MI di setiap desa, satu SMP dan MTs di setiap Kecamatan serta Perguruan Tinggi yang didukung oleh sejumlah SMA dan MA di Kabupaten Kudus. Pada waktu itu di Kabupaten Kudus baru berdiri beberapa SMA. Sedangkan anak-anak lulusan SMP/MTs masih banyak yang belum tertampung di SMA/MA yang ada, di antara mereka masih banyak yang melanjutkan sekolah di luar daerah Kudus. Oleh karena itu adanya tambahan SMA di Kudus sangat diharapkan masyarakat.

GAGASAN BERDIRINYA SMA NU AL MA’RUF

  • Untuk melaksanakan kebijakan pemerintah Kabupaten Kudus dengan meningkatkan peran serta masyarakat, maka Bapak Drs. Sunarto Noto Widagdo selaku Bupati KDH Tk. II Kab. Kudus dan Bapak Masyhud selaku ketua Yayasan Kesejahteraan Daerah (YKD) dan Ketua DPRD Tk. II Kudus antara lain mencetuskan gagasan untuk mendirikan SMA NU di Kudus.
  • Gagasan tersebut dimaksudkan agar umat Islam khususnya warga Nahdlatul Ulama’ Kudus agar lebih berperan aktif dalam pembangunan pendidikan. Sebab Nahdlatul Ulama’ adalah organisasi sosial masyarakat yang dipandang mampu dan potensial untuk mendirikan SMA yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Kemudian gagasan tersebut didukung oleh Bapak Masykur AW, selaku BPH Kabupaten Kudus dan Bapak Muhaimin Utsman selaku Ketua Fraksi NU DPRD Tk. II Kab. Kudus, Hal tersebut menjadi tonggak awal berdirinya SMA NU di Kudus.