GURU DAN KARYAWAN SMA NU AL MARUF KUDUS MELAKSANAKAN PEMERIKSAAN RESIKO PTM

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2023 pada pukul 09.00 sampai 13.00 wib di SMA NU Al Ma’ruf bekerjasama dengan puskesmas jati Kudus, yang dihadiri oleh 30 orang peserta terdiri dari 27 guru SMA NU Al Ma’ruf Kudus dan 3 orang dari puskesmas jati.

Sebelum pelaksanaan deteksi dini , peserta diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yang meliputi mengatur posisi meja pemeriksaan, mengatur jarak kursi peserta, peserta wajib memakai masker yang menutupi hidung, cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir yang telah tersedia, diharapkan tidak bersalaman, meskipun pandemi telah usai, tetap menjaga protokol kesehatan dilakukan dengan maksimal. Dan juga petugas dari puskesmas jati memakai APD.

Pelaksanaan deteksi dini faktor resiko PTM meliputi wawancara tentang pola hidup sehari – hari dan riwayat penyakit, mengukur tekanan darah, menimbang berat badan, mengukur lingkar perut, mengukur tinggi badan, memeriksa kadar gula darah sewaktu, memeriksa kadar kolesterol, konseling dan edukasi. Tujuan dari kegiatan ini agar penyakit tidak menular ditekan sedemikan rupa sehingga semua warga sekolah bebas terhadap resiko PTM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *