KUNJUNGAN KASUBDIT PAI SMA/SMK DIRJEN PENDIDIKAN REPUBLIK INDONESIA DI SMA NU AL MA’RUF KUDUS

Beliau senang sekali bisa bersilaturahim SMA NU Al Ma’ruf Kudus. KH. M Adib Abdushomad, M.Ag., M.ed., Ph.D. Alumni UIN Walisongo tahun 2000 lanjut S2 di UIN Walisongo tahun 2003 kemudian lanjut lagi S2 di Finders University, Australia, Leadership and Management lalu lanjut lagi S3 di kampus yang sama. Tanggal 17 Februari tahun 2023 pindah tugas di Direktorat PAI SMA/SMK yang tidak asing lagi bagi beliau, karena beliau sebenarnya alumni SMA.

PAI (Pendidikan Agama Islam) pada SMA menjadi elemen yang sangat pentin, karena akan men-trigger dan mendorong bagaimana anak-anak kita itu menjadi anak-anak yang bisa mengintegrasikan ajaran agama Islam dalam mata pelajaran yang lain secara komprehensif dan menjadi pribadi yang utuh, pribadi yang cinta terhadap negara kesatuan Republik Indonesia yang Hubbul Wathon Minal Iman serta mampu menempatkan agama dalam bingkai NKRI dan dan bersama-sama menjadi Ambassador atau Duta ajaran Islam Rahmat rahmatan lil alamin atau menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Kalau di SMA NU Al Ma’ruf, menurut beliau untuk aspek-aspek Islam Rahmatan Lil’alamin ini saya lihat kurikulum di dalamnya sudah banyak dimensi-dimensi yang diperkuat itu. Yang perlu ditekankan adalah bagaimana alumni atau ketika waktu pembelajaran nanti menjadi alumni dari SMA menjadi alumni yang bisa mengharumkan SMA NU al Ma’ruf yaitu mereka bisa kuliah ke luar negeri.

Saat ini tidak saja s2-nya tapi s1-nya karena trend sekarang ini habis sekolah SMA anak-anak itu justru inginnya ke Turki ke Australia ke Amerika ke Jepang. Nah ini tantangan yang betul-betul dihadapi oleh sekolah-sekolah SMA. SMA NU Al Ma’ruf sangat punya peluang yang sangat besar. Oleh karena itu, beliau memberikan motivasi supaya ada kelas internasional yang harus dipersiapkan bagi anak-anak yang memang orientasinya ingin melanjutkan kuliahnya tidak lagi ke dalam negeri tetapi ke luar negeri dan ini saya kira menjadi wasilah yang sangat tepat untuk mempromosikan Islam Rahmatan Lil’alamin.

PESAN DAN KESAN BELIAU DI SMA NU AL MA’RUF KUDUS:

Kesan dan pesan untuk untuk SMA NU Al Ma’ruf Kudus ini sudah menjawab tantangan itu karena ini kan dirasakan bahwa beberapa lembaga pendidikan Islam itu kerepotan kesulitan untuk merespon tantangan. Saat ini apalagi menghadapi kehidupan masyarakat yang akan datang, SMA NU Al Ma’ruf ini sudah antisipatif dan futuristik sudah dibuatkan studi seperti ini. Beliau minta supaya laptop itu agar di extension dengan cara membuat quote atau di tiktokkan beberapa message penting dari GG kita yang mengedepankan aspek ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah Islam yang moderat. Yang sangat penting lagi jangan sampai anak itu sekarang karena digital juga lalu kita menjadi kehilangan aspek kemanusiaannya, sehingga kita lupa bahwa manusia itu juga sakit perlu ditengok, perlu disentuh dan seterusnya ini ya aspek yang bisa di videokan dan itu dimasukkan ke laboratorium keagamaan.

Semoga SMA NU Al Ma’ruf Kudus menjadi bagian dari lembaga pendidikan yang membanggakan bagi kita semuanya karena sesungguhnya orang-orang di luaran sana orang Barat itu melihat ajaran Islam melalui praktek umatnya jadi kita umatnya harus menjadi umat yang berprestasi yang progresif, Islam play muslim jadi orang itu melihat ajaran Islam melalui praktek umatnya. Mengelola pendidikannya lewat SMA NU Al Ma’ruf yang bermutu berkualitas itu yang akan dilakukan luar biasa keren-keren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *