Fasilitasi Minat Bakat Siswa, MGBK Kudus Gelar Expo PT dan Dunia Kerja

Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMA/MA/SMK Kabupaten Kudus mengadakan expo perguruan tinggi dan dunia kerja ke IX. Agenda tersebut diikuti oleh 86 sekolah di Kudus. Dengan 61 kampus berpartisipasi pada event tersebut yang terdiri dari 53 swasta dan PTKIN, 8 Sekolah kedinasan. Serta 5 diantaranya stand untuk dunia kerja.

Penjabat (Pj) Bupati Kudus Bergas Catursasi Penanggungan mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan informasi para pelajar. Bahwa siswa kelas 12 adalah masa transisi remaja menuju dewasa. Mereka hadir acara tersebut agar tidak mengalami kegalauan perihal pilihan setelah lulus dari bangku sekolah. Pak Bergas menambahkan, fasilitas kegiatan tersebut nantinya pelajar akan mendapat pendampingan oleh guru BK. Yakni berupa informasi mengenai perguruan yang ingin dimasuki. Pelajar juga akan dikawal perwakilan mahasiswa dan dosen yang paham mengenai informasi yang tersedia.

Sementara itu, Kepala SMA N 2 Bae selaku koordinator MGBK, Ibu Puji Rahayu mengatakan, kegiatan ini diselenggaran oleh MGBK SMA. Pihaknya bekerja sama dengan MGBK SMK dan MA juga. Bu Puji menyebutkan, tujuannya expo ini untuk membuka wawasan kepada siswa kelas 12 dimana perguruan tinggi masih menjadi dunia maya sehingga kini menjadi nyata. Karena pelajar atau siswa bisa langsung berkonsultasi dengan perguruan tinggi.

Sedangkan SMA NU Al Ma’ruf ikut serta meramaikan Expo. Antusias siswa siswi kelas XII SMA NU Al Ma’ruf dalam mengikuti Expo Sangat besar. Diharapkan para perguruan tinggi memasarkan, menarik perhatian, misal memberikan beasiswa dll. Harapannya memberi amunisi tersendiri kepada siswa, yang awalnya setengah pengen kuliah menjadi tambah semangat untuk melanjutkan kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *