Peserta Didik SMA NU Al Ma’ruf Kudus Kenali Potensi Daerah Melalui Museum Kretek Keliling

Museum Kretek Keliling merupakan program kegiatan yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus yang bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah tingkat SMA/SMK/MA Kabupaten Kudus.

Museum Kretek Keliling yang menyambangi SMA NU Al-Ma’ruf Kudus memberikan banyak cerita dan inspirasi kepada peserta didik. Banyak potensi daerah yang harus dikenali oleh peserta didik. Kepala SMA NU Al-Ma’ruf, Bapak Anas Ma’ruf, S.Ag., M.Pd.I. mengapresiasi program yang dicanangkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus tersebut. Menurutnya, kegiatan semacam ini sangat bermanfaat bagi para siswa untuk lebih mengenal koleksi dan sejarah di Museum Kretek, terutama tokoh nitisemito.

Hal tersebut juga bisa mengoptimalkan kompetensi siswa dibidangnya masing-masing. Sebab, belajar di dalam kelas menurutnya belum cukup untuk mengasah skill siswa dengan maksimal. Ujarnya lebih lanjut.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan Museum Kretek Keliling semacam ini serta Kunjungan ke tempat bersejarah, bisa memberikan pengetahuan bagi siswa agar semakin luas. Kemudian, anak bisa mengenalkan pula potensi-potensi sejarah yang di miliki Kudus ke luar daerah saat mereka lulus nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *