Buka Pintu Sukses; SMA NU Al Ma’ruf Gelar Asesmen Bakat Minat bagi Siswa Kelas XII

Asesmen Bakat dan Minat (ABM) merupakan tes mengukur potensi seseorang yang dirancang untuk memprediksi kemampuan pada bidang-bidang khusus serta minat seseorang berdasarkan minatnya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu. ABM dilaksanakan di SMA NU Al Ma’ruf pada tanggal 20 November sampai 23 November 2023 tiga sesi di Lab Kom.

“Pelayanan ABM di satuan pendidikan bertujuan untuk memberikan informasi ke satuan pendidikan mengenai potensi peserta didik pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya. ABM juga bermanfaat untuk memprediksi kemampuan peserta didik jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Asesmen Bakat dan Minat ini diharapkan akan memberikan arah dan pemahaman yang lebih baik kepada para siswa dalam memilih jalur studi yang sesuai dengan potensi dan minat mereka. SMA NU Al Ma’ruf berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan akademik dan karir para siswanya,” jelas Ibu Waka Kesiswaan sekaligus Koordinator Guru BK SMA NU Al Ma’ruf Kudus (Ibu Sri Mulyanti, S.Pd.)

Pelayanan ABM di satuan pendidikan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada satuan pendidikan mengenai potensi peserta didik pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya. Selain itu, ABM juga bermanfaat untuk memprediksi kemampuan peserta didik jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi. ABM dilaksanakan secara daring melalui tes berbasis komputer (Computerized Based Test – CBT).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *