Siswa Kelas X SMA NU Al Ma’ruf Kudus Adakan Gelar Karya Projek I Mengangkat Tema Kearifan Lokal Kabupaten Kudus

Lain dari biasanya nampak di kampus hijau di halaman sekolah, Kamis , 27 Oktober 2022 mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB, acara gelar karya projek 1 kelas X berbeda dengan yang lainnya. Gelar karya kali ini mengangkat tentang kearifan lokal. Kearifan lokal merupakan suatu konsep mengenai gambaran masyarakat yang berasal dari nilai-nilai luhur yang telah membudaya, sehingga dapat dikatakan hasil dari proses adaptasi turun temurun dalam waktu yang lama terhadap suatu lingkungan dalam tempat tinggal mereka dan menjadi tata nilai kehidupan yang terwarisi antar generasi.

Acara yg dihadiri oleh pengurus BPPPMNU Sunan Djafar Shadiq Bapak Drs K. H.Asyrofi Masyitoh, Bapak Drs. Suudi,. M.Pd , dan Bapak H Fajar Nugroho, S.Pt dan pengawas SMA Bapak H Zaenuri, M.S.i, memberikan sambutan yang luar biasa dengan adanya gelar karya projek 1 mengangkat tema kearifan lokal kabupaten Kudus tidak hanya sebagai pembelajaran tetapi lebih mengenalkan kepada proses produk, proses sejarah, sehingga anak anak memahami akan pentingnya kekayaan sejarah yang dimiliki kota Kudus dan mencerminkan profil pelajar pancasila yaitu kearifan lokal.

Dalam kegiatan gelar karya projek 1, peserta didik kelas X dibagi perkelompok sesuai dengan arahan koordinator projek dan pendamping dan dibawah ranah kurikulum yang meliputi aksi projek dan produk. Aksi projek terdapat kirab antara lain kirab manten tebu, kirab apeman, kirab budaya parijoto. Selain kirab, juga terdapat tari berupa tari tradisi megawon, tari kretek, tari jenang, selain itu juga terdapat fashion show berupa bordir,batik kudusan, batik parijoto, batik menara, baju adat Kudus. tumpak punjen, tedak siten, wayang klitik, terbang papat, dan seni barongan.

Tidak hanya aksi projek, juga digelar produk variasi jenang Kudus, kopi Jetak, olahan parijoto, kopi Muria,, minuman dan jeli parijoto, jenang, getuk nyimut, kopi Muria, Boba jenang, kue replika gading purba, kopi Muria latte, soto dan pindang kerbau, kupat lepet, lentog tanjung. Selain produk makanan juga dipamerkan Vidio dokumenter menara Kudus, miniatur dan poster menara Kudus, batik parijoto, miniatur joglo pencu, museum kretek, ecoprint kerajinan parijoto dan pakis, meiniatur menara dari jenang, miniatur rumah joglo dari jenang, sejarah menara Kudus, Vidio tari kretek, tampah hias, miniatur rumah joglo pencu, Vidio dokumentasi batik Kudus, Vidio dokumentasi nawangsih, Vidio dokumentasi langgar bubrah, Vidio buka luwur sunan Kudus, Vidio rumah adat Kudus, Vidio batik Kudus. Jika di jumlah total pada acara gelar karya projek 1 sejumlah 60 gelar karya projek 1 kelas X.

Bentuk implementasi kurikulum merdeka mengangkat tema kearifan lokal sebagai upaya pemberdayaan komunitas menghargai pengetahuan lokal, menghargai kebudayaan lokal, menghargai sumber daya lokal, menghargai ketrampilan lokal serta menghargai proses.

Bravo SMA NU Al Ma’ruf Kudus yang telah menampilkan Gelar karya projek 1 yang begitu memikat dan memberi makna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *